Cara Membuka Tabungan Emas Pegadaian Syariah

Emas adalah sebuah logam mulia, yang kini keberadaannya banyak dijadikan sebagai nilai investasi bagi masa depan. Nilai emas dengan harga jual kembali yang rata-rata tinggi, menjadikan nilai emas sebagai investasi makin banyak dicari oleh berbagai kalangan. Untuk mendapatkan emas sebagai nilai investasi, selain cara pembelian melalui sistem tunai, Anda juga dapat mengaksesnya dengan cara mengikuti program tabungan emas yang banyak ditawarkan oleh berbagai lembaga keuangan. Salah satu perusahaan negara yang juga memiliki program tabungan emas adalah Pegadaian Syariah. Tabungan emas Pegadaian Syariah ini memungkinkan Anda untuk dapat memiliki emas sebagai nilai investasi, tanpa harus mengeluarkan budget diawal dalam jumlah yang besar.

Tabungan emas sendiri adalah sistem pembelian dan penitipan emas sebagai nilai investasi dengan harga yang sangat terjangkau, serta pembayaran yang dapat dipilih sesuai dengan kemampuan pembayaran nasabahnya. Sistem tabungan emas dari Pegadaian Syariah ini, juga tidak mengharuskan kita untuk memberikan uang muka dalam pembelian emas yang akan kita pilih. Yang harus kita lakukan hanyalah membuka rekening tabungan emas, dan membayarkan sejumlah biaya administrasi yang sangatlah ringan untuk dibayarkan.

Untuk dapat memiliki rekening tabungan emas Pegadaian Syariah ini, berikut ini beberapa langkah yang harus Anda lakukan, sehingga nantinya Anda akan dapat memperoleh emas dengan harga yang murah. Adapun cara membuka tabungan emas tersebut, antara lain adalah:

  • Kunjungilah kantor cabang Pegadaian Syariah terdekat dengan wilayah domisili Anda dan bawalah kartu identitas diri Anda.
  • Mintalah pada petugas pegadaian formulir pembukaan rekening tabungan emas, dan isilah sesuai dengan data diri Anda.
  • Bayarlah biaya administrasi sebesar 10 ribu rupiah, serta biaya penitipan emas selama 1 tahun sebesar 30 ribu rupiah.
  • Sampai pada fase ini, Anda telah selesai melakukan pendaftaran rekening tabungan emas pada Pegadaian, dan Anda dapat melakukan setoran pertama dengan besaran setoran minimal 0,01 gram dari harga emas yang berlaku pada saat itu.
buku tabungan emas pegadaian
Buku Tabungan Emas Pegadaian

Yang menjadikan sistem pembelian emas ini menjadi unggul adalah Anda tidak diharuskan memberikan uang muka untuk dapat memperoleh emas yang Anda inginkan. Hanya dengan memilih program emas sesuai dengan kemampuan pembayaran Anda, baik dari segi berat ataupun jangka waktu pembayaran, Anda akan dapat dengan mudah memiliki emas tersebut. Jika Anda terdesak dengan kebutuhan, rekening tabungan ini pun dapat Anda tukarkan kembali dengan dana tunai, dimana minimal saldo penitipan pembelian emas telah mencapai harga 1 gram emas pada saat itu.

Tabungan Emas Pegadaian Syariah, Bantu Anda Investasi Emas

Untuk jenis pembelian emas melalui tabungan emas ini sendiri, Pegadaian akan menyediakan bentuk fisik dari emas, dengan kategori sesuai dengan berat emas yang diprogramkan yaitu 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram dan 100 gram. Dimana jika tabungan Anda telah mencukupi untuk melakukan pembelian emas tersebut, Anda akan berhak untuk membawa emas sesuai dengan program yang Anda pilih. Namun untuk pencetakan emas dalam bentuk fisik ini, nantinya para nasabah akan dikenakan biaya cetak fisik emas, sesuai dengan berat emas yang dipilih.

Tabungan emas Pegadaian Syariah ini, memang dapat menjadi solusi tersendiri bagi kita yang ingin berinvestasi dengan dana yang terbatas. Selain dapat digunakan sebagai tabungan masa depan, tabungan emas ini juga dapat dijadikan sebagai aset liquid yang mudah dicairkan jika memang kita membutuhkan dana dalam keadaan mendesak. Memilih berinvestasi dalam bentuk emas, memanglah sebuah hal yang tepat bagi jaminan kestabilan keuangan dimasa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *