Simulasi Pinjaman Bank BRIGuna dan KUR Buat Pemula

Meminjam uang di bank sebenarnya sangatlah mudah, tetapi untuk yang baru pertama kali akan meminjam tentu masih bingung. Apalagi untuk meminjam uang di bank, memang dibutuhkan sejumlah persyaratan tertentu. Termasuk juga bila meminjam uang sesuai dengan yang ada di simulasi pinjaman bank BRI. Meski telah didesain semudah mungkin, tetap saja masih ada yang kebingungan.

Tapi tenang saja, kali ini kita akan memberikan simulasi pinjaman Bank BRI, khususnya pada dua program pinjaman bank BRI yang paling diminati masyarakat sampai dengan saat ini. Yaitu program pinjaman BRIGuna dan KUR BRI.

Simulasi Pinjaman BRIGuna

Pertama mari kita simulasikan dahulu pinjaman BRIGuna. BRIGuna adalah salah satu program pinjaman bank BRI yang diberikan kepada kamu yang berstatus sebagai pegawai tetap. Pinjaman ini terkenal juga sebagai pinjaman bank BRI tanpa agunan atau kredit tanpa agunan (KTA).

briguna guru
BRIGuna Guru (Salah Satu Produk BRI)

Untuk mengajukan pinjaman BRIGuna, berikut simulasinya:

  1. Pahami Dulu Apa Itu BRIGuna

Seleum kamu mengajukan pinjaman BRIGuna, pahami terlebih dahulu apa itu BRIGuna. Yang harus kamu pahami terdiri dari suku bunganya, tenornya dan juga persyaratanya. Dengan memahami apa itu BRIGuna, kamu akan lebih siap untuk mengajukan pinjaman.

  1. Siapkan persyaratanya

Untuk mengajukan pinjaman BRIGUna, ada sejumlah persyaratan administrasi yang harus kamu penuhi, persyaratan itu terdiri dari:

  • Salinan Kartu Keluarga (KK) dan Salinan KTP. Hal ini untuk menunjukkan bahwa kamu telah cakap hukum untuk bertindak sebagai peminjam. Minimal usia kamu adalah 20 tahun. Selain itu, juga sebagai bukti domisili kamu.
  • Salinan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Bukti pendapatan (Slip Gaji) sebagai bukti kemampuan bayar kamu.
  • Salinan rekening tabungan 3 bulan terakhir. Rekening yang bisa kamu gunakan adalah rekening tabungan Bank BRI ya. Nah jika kamu tidak memiliki rekening tabungan bank BRI, kamu akan diminta untuk membuka rekening bank BRI.
  • Foto Ukuran 4×6
  • SK Pengangkatan Karyawan Tetap dan juga kalau ada SK kenaikan pangkat.
  • Serta jangan lupa salinan rekening tabungan selama tiga bulan terakhir
  1. Datangi Bank dan Ajukan BRIGuna

Setelah kamu siapkan segala persyaratanya, selanjutnya kamu datangi bank dan ajukan niat kamu untuk meminjam. Sampai di bank, kamu akan diminta untuk membuat sejumlah persyaratan lain.

Simulasi Pinjaman KUR BANK BRI

Sementara untuk kamu yang tidak berstatus sebagai pegawai tetap, kamu bisa pula mengajukan pinjaman ke bank BRI dengan nama pinjaman KUR atau Kredit Usaha Rakyat. KUR ditujukan untuk kamu yang memiliki usaha dan membutuhkan bantuan untuk mengembangkan usaha kamu.

Sama seperti saat mengajukan simulasi pinjaman Bank BRIGUNa, untuk mengajukan KUR BRI ada baiknya juga kamu terlebih dahulu memahami apa itu KUR, suku bunganya, dan tenornya. Baru setelah itu kamu siapkan sejumlah berkas persyaratanya. Berikut persyaratan yang harus kamu siapkan:

  1. Memiliki usaha, dengan waktu minimal telah berjalan 6 bulan. Jadi KUR ini ditujukan untuk kamu yang sudha punya usaha, bukan yang baru membuka usaha. KUR untuk mengembangkan usaha bukan untuk merintis usaha.
  2. Usaha belum bankable yang artinya usaha kamu belum mendapatkan pinjaman dari bank. Jika sudah mendapatkan bantuan, maka tidak bisa diajukan kembali.
  3. Usaha yang kamu buat harus memiliki Surat keterangan usaha atau Ijin Usaha. Jika belum memiliki, silakan dibuat terlebih dahulu.
  4. Salinan Kartu Keluarga dan Fotokopi KTP sebagai bukti autentik usia dan domisili kamu.
  5. Dan dokumen lain menyesuaikan lokasi lapangan.

Nah itulah simulasi pinjaman bank BRIGuna dan KUR BRI, semoga dengan begini kamu tak bingung bila ingin mengajukan pinjaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *