Pahami Lebih Dalam Apa Itu Emas Antam dan Apa Saja Produknya

Di Indonesia, penjualan emas perhiasaan dijual bebas di toko-toko perhiasan. Tidak seperti emas perhiasan, Emas logam mulia hanya dijual bebas di beberapa tempat saja, seperti Pegadaian dan Antam. Tidak semua toko perhiasan menjualnya. Dahulu, sebelum ada Pegadaian, emas hanya dijual oleh Antam. Emas yang berasal dari Antam ini biasa disebut dengan emas Antam.

Asal Emas Antam

Emas Antam berasal dari penambangan emas yang dilakukan oleh Antam sendiri. Setelah ditambang, kemudian emas tersebut diolah serta dimurnikan menjadi beberapa kategori produk yang akhirnya dijual oleh unit produksi Antam yang bernama PN Logam Mulia.

Penambangan Emas

Penambangan emas utama Antam berasal dari tambang emas yang berada di bawah tanah. Lokasinya ada di dua tempat, yaitu Cibaliung, Banten dan Pongkor, Jawa Barat. Tambang emas dimulai di Pongkor setelah Unit Geormin menemukan indikasi ada cadangan emas di daerah tersebut pada tahun 1981. Produksi di daerah ini sendiri baru dimulai pada tahun 1994 setelah perizinan tambang selesai pada tahun 1992.

Tambang emas yang ada di Pongkor mempunyai tiga urat emas yang utama. Ketiganya, yakni Ciurug, Ciguha, dan Kubang Cicau. Antam melakukan 2 metode penambangan yang berbeda pada ketiga urat emas. Untuk di Kubang Cicau, dan Ciguha, Antam menerapkan metode penambangan conventional cut dan fill stoping. Sedangkan pada Ciurug, Antam menerapkan metode penambangan mechanized cut and fill sejak tahun 2000. Mechanized cut and fill dipakai untuk efisiensi biaya dan peningkatan produksi.

Tambang emas dimulai di Cibaliung setelah proses pengakuisisian dari Arc Exploration selesai pada tahun 2009. Ada pun produksi baru berjalan pada tahun 2010. Sama seperti dengan Ciurug, tambang emas di Cibaliung diproduksi menggunakan metode mechanized cut and fill. Selain kedua tambang emas yang telah disebutkan, Antam memiliki tambang emas lainnya yang terdapat di Gosowong, Maluku Utara.

pengolahan emas antam

Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia

Setelah penambangan dilakukan, bijig emas dari tambang utama dan juga tambang cadangan Antam diolah. Pengolahan bijih emas melalui beberapa proses, yakni milling, crushing, carbon leaching, cyanidation, casting, stripping, dan electro winning. Kesemua proses tersebut diterapkan dalam rangka untuk membuat dore/bullion.

Bullion/dore yang berasal dari tambang emas Antam dikirimkan ke UBPP atau Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia yang berada di Jakarta. Setelah sampai, dore/bullion tersebut dimurnikan UBPP Logam Mulia untuk menjadi by-product berupa emas murni yang mempunyai standar kemurnian Internasional sebesar 999,9. Setelah murni, emas tersebut dibuatkan sertifikasi yang berasal dari LBMA atau London Bullion Market Association.

Produk Emas Antam

Komoditi emas dari Antam identik dengan emas logam mulia yang dijual oleh PN Logam Mulia saja, tetapi sebenarnya terdapat produk lainnya yang dijual, yang mana dijelaskan seperti di bawah ini.

Emas Batik Indonesia

Emas Batik Indonesia merupakan emas batangan Antam yang dijual oleh PN Logam Mulia dengan corak batik Indonesia. Terdapat empat varian Emas Batik Indonesia yang dijual oleh PN Logam Mulia, yaitu Batik Sido Mukti, Batik Parang Barong, Batik Kawung, dan Batik Mega Mendung.

Corak Batik Sido Mukti pada emas yang disediakan Antam berasal dari Solo, Jawa Tengah. Nama Sido Mukti merupakan dua nama yang menjadi satu kesatuan. Sido diartikan sebagai keadaan yang berkelanjutan, sedangkan mukti diartikan sebagai kemakmuran. Dengan begitu Sido Mukti diartikan menjadi secara berkelanjutan dalam keadaan makmur.

Corak Batik Kawung berasal dari daerah Jawa. Pada masa keemasan Keraton Jawa, corak ini dipakai pada pakaian pejabatnya. Kawung sendiri merupakan nama dari buah yang berasal dari pohon aren atau dengan kata lain kolang-kaling. Corak batik ini memiliki filosofi bahwa manusia harus selalu ingat akan asal usulnya, mampu menahan hawa nafsu dan juga memagari hati nurani.

Batik Parang Barong adalah salah satu corak batik tertua yang ada di Indonesia. Corak ini dibuat oleh Sultan Agung Hanyakrakusum pada masa kejayaan pemerintahannya. Hanya raja-raja yang memakai corak ini, dan raja terakhir yang diketahui memakai adalah Sri Sultan Hamengkubuwono VII yang terlihat dari foto pribadinya. Batik Parang Barong mempunyai arti kebijaksanaan, pengendalian diri, dan kehati-hatian dalam bertingkah laku.

Batik Mega Mendung diketahui berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Motif ini adalah percampuran antara budaya Cina dengan budaya Keraton Cirebon. Mega Mendung lahir berkat adanya percampuran budaya akibat pernikahan Ratu Ong Tien dengan Sunan Gunung Jati. Corak ini mempunyai makna bahwa tiap-tiap manusia harus memiliki kemampuan prihal menahan amarah atau dengan kata lain harus dapat tenang dalam kondisi semarah apa pun.

emas batik sido mukti
Emas Batik Sido Mukti

Emas Batangan

Kategori produk emas batangan berdasarkan PN Logam Mulia terbagi atas emas batangan kemasan Natal, kemasan Idul Fitri, 50 gram dan 100 gram, serta emas batangan standar LM. Emas batangan kemasan Natal dan juga Idul Fitri merupakan emas batangan Antam yang kemasannya spesial dibuat dengan tema Natal dan Idul Fitri.

Emas batangan 50 dan 100 gram merupakan emas batangan standar 999,9 yang memiliki berat 50 dan 100 gram. Sedangkan emas batangan standar LM merupakan emas batangan standar 999,9 yang memiliki berat yang dimulai 0,5 gram hingga 12.500 gram yang masing-masing emasnya telah dilengkapi dengan sertifikat yang berfungsi sebagai penjamin berat dan kadar produk yang dijual.

Produk Lainnya

Produk lainnya emas Antam berbentuk perhiasan LM, minting product pesanan, casting product  pesanan, palladium gold, dan dinar. Minting product pesanan yang dijual berbentuk placard, koin, medali dan goldbar. Casting product pesanan yang dijual berbentuk perhiasan, cincin, pin, dan badge.

Dinar adalah koin emas. PN Logam Mulia mempunyai dinar dengan standar produk yang dimulai dari ¼ dinar hingga 4 dinar. Palladium gold merupakan bahan plakat yang terbuat dari paduan emas dan palladium.

Perhiasan LM merupakan perhiasan yang dibuat oleh Logam Mulia dengan desain yang telah dirancang khusus. Terdapat empat seri perhiasan LM, yakni Seri Magnus, Solidus, Nortia, dan Adorare. Seri Magnus menggunakan Emas Batik Parang Barong, Solidus menggunakan Emas Batik Kawung, Nortia menggunakan Emas Batik Mega Mendung, dan Adorare menggunakan Emas Batik Sido Mukti.

Alasan Harus Investasi Emas Antam

investasi emas antam

Ada beberapa alasan mengapa harus investasi emas antam, terutama emas logam mulia.

Pertama : Dengan membeli emas Antam, maka pembeli telah membantu negara melalui pembelian yang telah disertai pajak dan juga melalui peningkatan pendapatan BUMN Antam.

Kedua : BUMN Antam melalui PN Logam Mulia mempunyai program yang bernama LM Peduli. Program ini biasa diadakan pada saat Idul Fitri tiba. Ada pun program tersebut bertujuan untuk membantu para anak yatim piatu yang berada di daerah Jakarta. Dengan berinvestasi emas Antam, maka Anda telah membantu menjaga keberlangsungan PN Logam Mulia dan juga program LM Peduli, sehingga setiap Idul Fitri tiba, anak yatim piatu yang berada di Jakarta dapat dibantu finansial-nya.

Ketiga : Emas merupakan benda yang harga jualnya sulit untuk turun dan naik secara drastis. Namun, dibalik itu harga jualnya tinggi karena emas termasuk ke dalam kategori logam mulia. Dengan berinvestasi emas, risiko Anda berinvestasi akan lebih kecil daripada trading saham dan keuntungan yang didapat akan lebih besar daripada membeli obligasi atau pun deposito di bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *