Daftar Perusahaan yang Memberikan KTA Tanpa BI Checking

BI checking hampir pasti jadi prihal menakutkan untuk tiap-tiap peminjam. Lantaran beberapa alasan, BI checking ini kerap jadi suatu permasalahan. Namun, kredit KTA tanpa BI checking yang hadir di 2016 dan 2017 ternyata ada banyak. Tercatat ada beberapa yang menawarkan KTA tanpa BI Checking.

Berkaitan dengan permasalahan BI Checking, diantaranya adalah meskipun Anda punya jumlah tagihan yang kecil sekali, jika punya sebuah catatan meminjam yang kurang baik di BI checking, tetap bakalan jadi sebuah masalah yang mengakibatkan pengajuan KTA Anda ditolak. Penyebab KTA Anda ditolak adalah karena bank bakal menentang pengajuan pinjaman dari calon peminjam yang belum punya track record kredit yang baik.

Apabila Anda belum punya catatan kredit sama sekali di BI checking juga bisa jadi kendala. Mungkin orang tak punya pilihan, karena mereka tidak dapat atau ditolak pengajuan kartu kreditnya atau memang tidak ingin mengajukan sebelumnya. Prihal ini ujungnya, penolakan KTA terjadi karena terbentur BI checking.

Akan tetapi sekarang ini jaman sudah berubah. Telah banyak lembaga keuangan yang non-bank, khususnya teknologi keuangan, yang berani menawarkan pinjaman pribadi tanpa adanya BI checking.

lembaga non bank

BI Checking

Sebelum adanya pembahasan lebih jauh, akan dibahas mengenai apa itu BI checking. Perlu diketahui bahwa semua bank yang ada di Indonesia memiliki kewajiban berupa menyampaikan data pinjaman dan juga statusnya apakah berupa lunas, tidak menunggak atua sedang berjalan dan atau menunggak kepada Bank Indonesia. Kemudian penyampaian data ini dikenal sebagai BI checking. Istilah formal dari penyampaiannya adalah SID yang berasal dari kepanjangan Sistem Informasi Debitur.

Tiap kali terdapat sebuah pengajuan pinjaman, bank tentu akan melihat BI checking calon peminjam untuk menganalisa kualitas mereka prihal kepatuhan dalam urusan membayar. Status menunggak atau tidaknya, suka membayar telat atau tidaknya, dan sebagainya ada dalam BI checking. Karakter dari seorang peminjam merupakan syarat yang paling penting dalam sebuah analisa kredit yang dinilai berdasarkan  bantuan BI checking.

Banyak pengajuan pinjaman ditolak dengan sebab atau alasan karena catatan kredit jelek dan atau catatan kredit tidak ditemukan di BI checking.

Bila catatan kredit jelek, seorang peminjam masuk daftar hitam BI sampai kapan ? Keputusan daftar hitam bukan ada pada BI, melainkan ada pada bank yang dimintai pinjaman, jadi daftar hitam kembali kepada pihak bank dikarenakan data pinjaman yang ada akan selalu tercatat di pihak BI, tak dapat dihapus. Namun, biasanya, keputusan meminjamkan oleh bank yang diajukan hanya berdasarkan catatan 2 tahun terakhir calon peminjam.

bi checking

Catatan kredit jelek itu tidak baik atau tidak mengenakkan. Namun, Bank Indonesia menawarkan kesempatan kepada calon peminjam untuk mengajukan sebuah perubahan pada BI checking. Sesuai situs resmi BI, alurnya adalah sebagai berikut :

Jika masyarakat sebagai seorang yang pernah meminjam telah menemukan sebuah ketidaksesuaian yang terjadi antara data yang ada pada SID atau BI checking dengan data mereka yang sebenarnya, maka pihak yang bersangkutan bisa melakukan konfirmasi tersebut dengan cara konfirmasi data yang sebenarnya kepada lembaga keuangan yang telah memberikan fasilitas pembiayaan kepada mereka.

Jika setelah dilakukan sebuah pengecekan telah ditemukan adanya kesalahan pada pelaporan oleh lembaga keuangan bersangkutan, maka lembaga keuangan yang dimaksud tersebut akan memperbaiki data yang tersimpan dalam SID.

Konfirmasi data bisa juga langsung di Bank Indonesia. Bila setelah dilakukan sebuah pengecekan ada ditemukan sebuah indikasi kesalahan pelaporan yang dilakukan oleh lembaga keuangan, maka Bank Indonesia akan langsung meminta kepada lembaga keuangan bersangkutan untuk melakukan pengecekan dan kemudian meminta perbaikan data

Dahulu BI Checking bisa diakali. Caranya adalah dengan merubah KTP yang dipunyai. Namun, dengan adanya e-KTP sekarang ini, maka akan sulit mengakali data SID.

Pinjaman KTA Tanpa BI Checking 2016 dan 2017

KTA tanpa BI Checking yang terpantau selama 2016 dan 2017 ada beberapa, yakni enam. Berikut ini daftar penyedia layanan KTA tanpa BI checking.

KTA tanpa BI checking TunaiKita

kta tunaikita

TunaiKita merupakan sebuah penyedia layanan pinjaman online dari China, yakni Wecash. Berbeda dengan pihak Modalku, pihak TunaiKita memberikan pinjaman dalam skala mikro dengan jumlah pinjaman yang dapat diajukan dari 1 juta hingga 10 juta dengan tenor dari 3 – 6 bulan.

TunaiKita merupakan sebuah perusahaan yang registrasinya sebagai P2P Lending di OJK. Oleh karena P2P Lending, maka mereka sampai saat ini belum memiliki akses ke data SID, da nada kemungkinan besar mereka tak dapat melakukan pengecekan ke data BI checking.

Berdasarkan pengakuan yang pernah mengajukan pinjaman, pihak TunaiKIta sendiri disinyalir tidak meminta dokumen yang biasanya digunakan dalam rangka untuk melakukan pengecekan pada BI checking. Proses peminjaman dana Tunaikita tergolong sangat cepat yakni dalam hitungan jam saja dan karenanya kecil adanya kemungkinan mereka telah melakukan pengecekan.

KTA tanpa BI checking Modalku

kta modalku

Modalku merupakan sebuah P2P platform yang menghubungkan seorang peminjam dengan seorang pemberi pinjaman. Fokus dari P2P platform ini adalah mendistribusikan pinjaman bagi pengusaha kecil dan juga menengah (SME).

Fokus mereka kepada SME terlihat dari persyaratan plafond pinjaman. Plafond mereka berkisar antara 50 juta rupiah sampai dengan 2 milyar.  Peminjam diwajibkan untuk sudah beroperasi dalam jangka waktu 1 tahun dengan omset minimal yang dihasilkan sebesar 20 juta per bulan.

Untuk pengusaha, KTA ini terlihat menarik karena Modalku tak melakukan BI checking. Ini keliatan dari persyaratan, tak ada permintaan dokumen dari kartu kredit dan atau bukti telah mengambil sebuah pinjaman sebelumnya. Selain itu, KTA tanpa BI Checking ini terjadi karena P2P lending belum memiliki akses ke data BI checking sampai detik ini.

KTA tanpa BI checking Dana Cepat

dana cepat

Dana cepat merupakan sebuah layanan pinjaman via ponsel dengan cara calon peminjam mengunduh aplikasi mereka yang tersedia di playstore. Plafond pinjaman dari penyedia KTA ini adalah Rp 1 juta.

Ada yang perlu diperhatikan dalam KTA yang satu ini, yakkni tenor pinjaman yang hanya ditawarkan selama 14 hari saja dan harus dikembalikan bunga sekaligus pokok pinjaman. Jadi ini bukan sebuah layanan pinjaman dengan cicilan yang dapat dibayar sejumlah beberapa kali.

Waktu dari pencairan pinjaman yang dijanjikan maksimum 2 hari. Tak ada pengecekan ke data BI checking calon peminjam karena tak ada dokumen kredit yang diminta mereka.

KTA tanpa BI checking Koinworks

kta koinwork

Koinworks merupakan sebuah platform P2P yang fokus dalam memberikan pinjaman tanpa jaminan dengan tujuan peminjaman untuk usaha, dana pendidikan dan atau biaya kesehatan. Jumlah plafond kredit yang ditawarkan berkisar dari 10 juta hingga 100 juta dengan jangka waktu paling kecil 6 bulan.

Bunga dari KTA ini ditentukan berdasarkan profil resiko dari si peminjam. Bunga yang ditawarkan dimulai dari angka 9% setahun sampai dengan 20% setahun.

Persyaratan pinjaman dari KTA ini antara lain adalah lamanya usaha yang dijalankan telah minimal berlangsung selama 2 tahun, berlokasi di Jabodetabek, dan juga wajib untuk menunjukkan informasi keuangan yang dimiliki selama setahun terakhir. Tak ada persyaratan dokumen kredit yang diminta dalam rangka untuk melakukan BI checking.

KTA tanpa BI checking RupiahPlus

rupiah plus

RupiahPlus adalah layanan pinjaman tanpa agunan yang melalui aplikasi ponsel juga sama dengan Dana Cepat. Jumlah pinjaman yang ditawarkan dari 600 ribu hingga 1.2 juta yang harus dikembalikkan dalam waktu 7 sampai 14 hari.

Dokumen yang diminta untuk KTA ini hanya KTP dan Foto. Taka da  persyaratan dokumen pinjaman atau juga kartu kredit yang biasa digunakan dalam rangka untuk mengecek BI checking.

KTA tanpa BI checking Akulaku

kredit akulaku

Akulaku adalah layanan kredit handphone tanpa bi checking. Sebenarnya tak hanya smartphone saja, tapi juga semua barang yang ditawarkan untuk dijual di website Akulaku bisa dibeli dengan KTA tanpa BI checking.

Pinjaman KTA tanpa BI checking di Akulaku keliatan dari proses pengajuan kredit. Satu hal yang membedakan kredit di Akulaku dengan penyedia KTA online lainnya ialah calon peminjam wajib membayar DP terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *