Keuntungan Menjadi Anggota Koperasi Simpan Pinjam Syariah

Koperasi simpan pinjam merupakan sebuah lembaga ekonomi jasa yang memberikan bantuan penyediaan dan bagi seluruh anggotanya. Tidak hanya dikelola secara konvensional, kini lembaga ekonomi pemberi pinjaman dana ini pun telah banyak dikelola berdasarkan hukum dan syariat dalam agama Islam. Koperasi simpan pinjam syariah, tidak hanya akan memberikan solusi dana segar yang cepat dan mudah untuk Anda terima, namun berbagai prosedur peminjaman didalamnya juga akan menghindarkan Anda dari berbagai riba yang memang dilarang dalam ajaran agama. Solusi peminjaman dana dengan aman dan sesuai dengan aturan Islam pun dapat dengan mudah Anda peroleh di koperasi syariah ini.

kebijakan koperasi syariah
Kebijakan Perlindungan Terhadap Koperasi Syariah

Keberadaan koperasi simpan pinjam yang menjalankan kegiatannya ini berdasarkan pada hukum syariat Islam ini sendiri, keberadaannya telah secara resmi diakui di Indonesia melalui surat keputusan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah nomor 91/Kep/IV/KUKM/IX/2004 dimana dalam surat keputusan ini, disebutkan bahwa koperasi syariah atau yang disebut dengan koperasi jasa keuangan syariah, merupakan sebuah lembaga ekonomi syariah yang melakukan kegiatan usaha terkait dengan pinjaman dana, investasi serta pinjaman, dimana kegiatan usaha tersebut akan didasarkan pada pola pembagian hasil usaha seperti ketentuan dalam hukum ekonomi syariah.

Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa koperasi jasa keuangan syariah ini, melakukan kegiatan ekonomi utama dengan menghimpun dana dari para anggota dan pemodal yang terlibat didalamnya, untuk kemudian menyalurkan dana tersebut dalam bentuk jasa keuangan kepada anggota koperasi lainnya, dimana dalam pemberian pinjaman ini akan diberlakukan sebuah akad sesuai dengan hukum syariah yang berlaku. Selain pinjaman, akad penempatan tabungan berjangka ataupun investasi dari para pemodal, juga akan diberikan akad sesuai dengan ketentuan hukum ekonomi syariah, yang berlaku dalam ajaran Islam.

Berikut ini beberapa keuntungan yang mungkin dapat Anda peroleh jika menjadi anggota koperasi simpan pinjam syariah, yang antara lain adalah:

  • Anda dimungkinkan untuk mendapatkan sisa hasil usaha yang benar-benar halal, karena koperasi syariah menjalankan berbagai kegiatan ekonomi didalamnya berdasarkan hukum syariah yang berlaku.
  • Anda dimungkinkan untuk mendapatkan pinjaman ataupun bantuan dana segar, tanpa takut terjebak dengan adanya riba didalamnya.
  • Sistem keanggotaan yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun, sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh koperasi tersebut.
  • Prosedur dan persyaratan pinjaman yang mudah untuk dipenuhi sehingga akan lebih memudahkan Anda dalam mendapatkan pinjaman dana segar dengan mudah dan cepat.

Menjadi anggota koperasi syariah tempat Anda akan mengajukan pinjaman, merupakan persyaratan utama yang harus Anda penuhi untuk mendapatkan pinjaman dana segar tersebut. Selain itu Anda juga harus melampirkan berbagai dokumen terkait keterangan diri Anda, untuk memudahkan Anda bergabung untuk menjadi anggota dari koperasi syariah tersebut. Persyaratan inilah yang memang dijadikan sebagai persyaratan utama bagi Anda untuk dapat mengakses pinjaman dana segar dari koperasi syariah tersebut.

Koperasi Simpan Pinjam Syariah Lebih Menguntungkan

Koperasi simpan pinjam syariah memang dapat memberikan solusi pinjaman cepat dan mudah, tanpa Anda harus khawatir untuk terjebak dalam persoalan riba yang biasanya selalu Anda temukan dalam berbagai jenis pinjaman lainnya. Namun untuk mengakses pinjaman ini pastikan bahwa Anda memang betul-betul membutuhkan dana dan tidak hanya berdasarkan keinginan saja. Pastikan pula Anda memiliki kemampuan untuk melakukan pembayaran cicilan dari pinjaman yang Anda lakukan sesuai dengan akad yang memang telah menjadi kesepakatan antara Anda dan koperasi jasa keuangan syariah, agar nantinya pinjaman tersebut akan menjadi lebih berkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *