Harga Emas Perhiasan Vs Emas Batangan

Investasi emas merupakan jenis investasi yang kini tengah dilakukan oleh semua orang. Jenis investasi ini sangat mudah dilakukan karena tidak harus mengeluarkan modal yang sangat besar. Ada beberapa jenis emas yang bisa dijadikan sebagai investasi. Salah satunya yaitu emas perhiasan. Harga emas perhiasan sekarang sangatlah beragam sesuai dengan jenis perhiasan yang dipilih. Beberapa jenis perhiasan yang bisa dijadikan sebagai investasi seperti kalung, gelang, cincin, dan lainnya.

Telah kita ketahui bahwa emas yang ada sekarang ini memiliki dua jenis yaitu dalam bentuk batangan dan dalam bentuk perhiasan. Dimana kedua jenis emas tersebut cukup berbeda dalam segi harga. Terlebih harga emas perhiasan lebih tinggi dibanding emas batangan. Bagi para wanita mungkin lebih menyukai emas perhiasan, namun bagaimana jika dijadikan sebagai kegiatan investasi.

Ada beberapa alasan mengapa perlu melakukan investasi emas dan mengetahui harga emas perhiasan. Diantara alasan tersebut ialah :

  • Emas merupakan jenis harta yang sangat berharga di seluruh dunia. Nilai emas pada setiap negara secara umum tidak jauh berbeda. beda halnya jika dengan nilai mata uang kertas maka setiap negara berbeda.
  • Emas bisa dijadikan sebagai alat proteksi aset yang tidak kenal dengan inflasi maupun deflasi. Dimana ketika sedang terjadi inflasi maka emas akan semakin berharga.
  • Banyak perusahaan yang menjadikan sebagai tempat titip emas. Dimana penitipan emas tersebut lebih aman dibanding yang lain. Jika menitipkan uang maka akan terkena biaya administrasi setiap bulan, sedangkan emas tidak.
  • Investasi emas lebih mudah untuk dicairkan ketika sedang mengalami kebutuhan secara tiba-tiba dalam jumlah tinggi. Sedangkan bentuk investasi lain seperti saham, obligasi dan lainnya sangat sulit untuk dicairkan dalam waktu cepat.
  • Investasi emas merupakan jenis investasi yang sangat fleksibel. Dimana seseorang dapat melakukan investasi dalam jumlah kecil maupun besar.
  • Pembawaan emas sangatlah praktis karena emas memiliki bentuk yang sangat kecil dan ringan. Jadi, emas dapat dengan mudah dibawa kemana saja. Jika berinvestasi menggunakan uang, misal Rp 500 juta maka membawa uang sebanyak itu akan lebih beresiko tinggi.
  • Emas merupakan harta yang tahan terhadap kondisi cuaca apapun. Jadi, berinvestasi emas sangat menguntungkan karena emas awet dan tahan lama. Apabila berinvestasi dengan kendaraan atau rumah dan harta tersebut terkena bencana maka nilai investasi tersebut akan berkurang. Hal ini berbeda dengan investasi dalam bentuk emas.
  • Berinvestasi emas dalam jangka pendek memang sangat fluktuasi, namun berinvestasi dalam jangka panjang maka memiliki nilai yang sangat tinggi. Untuk itu emas sangat baik untuk dijadikan sebagai investasi.
  • Ketika berinvestasi dengan emas dan emas tersebut berada di tangan Anda maka itu artinya harta tersebut adalah miliki Anda sepenuhnya dan tidak ada campur tangan orang lain.
  • Berinvestasi emas lebih mudah prosesnya ketika ingin diwariskan oleh keturunan karena proses tersebut tidak melalui hukum.

Harga Emas Perhiasan Vs Emas Batangan

Harga emas perhiasan berbeda dengan emas batangan karena pada dasarnya emas dalam bentuk perhiasan telah memiliki harga dengan bercampur oleh biaya perubahan bentuk seperti desain emas, biaya pembuatan, pajak dan semacamnya. Jadi, jika melakukan investasi emas maka perlu memperhatikan emas kembali karena emas yang memiliki bentuk perhiasan ketika dijual maka pembeli akan menilai takaran dari emas tersebut dan bukan melihat dari bentuk ataupun desain dari perhiasan emas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *