Cek Harga Emas Perhiasan 23 Karat untuk Tujuan Investasi

Kalau menyinggung mengenai kesempatan investasi emas perhiasan maka akan didominasi oleh kalangan perempuan, terutama ibu rumah tangga. Ibu-ibu biasanya akan rutin ke pasar dan banyak diantaranya mampir ke toko perhiasan emas untuk sekedar mengecek harga emas perhiasan 23 karat Atau mungkin memilih membeli emas perhiasan yang memiliki model menarik, atau memiliki model yang memang membuat siapa saja jatuh cinta. Jika membeli emas perhiasan, sebenarnya apa tujuan Anda?

Tujuan Umum Ibu Rumah Tangga Belanja Emas Perhiasan

Seorang ibu rumah tangga ketika membeli emas perhiasan umumnya memiliki tujuan yang berbeda-beda, secara umum tujuan tersebut adalah:

  • Dijadikan sebagai tabungan, sehingga emas perhiasan ini disimpan kemudian saat butuh uang diputuskan untuk dijual.
  • Bertujuan untuk melengkapi koleksi aksesoris sebab emas perhiasan bisa mempercantik penampilan kaum ibu di berbagai kesempatan.

Sebelum masuk ke toko emas perhiasan terdekat baiknya menentukan tujuan pembelian secara jelas, agar tidak salah strategi. Pasalnya, ketika tujuan Anda untuk menambah koleksi perhiasan sebagai aksesoris dalam berpenampilan. Maka akan condong melirik modelnya, semakin rumit dan unik sekaligus berhiaskan bebatuan cantik, entah rubi, permata, dan sebagainya. Dijamin akan menjadi pilihan yang terbaik sebab kecantikan desain emas perhiasan memberi nilai lebih pada penampilan secara keseluruhan.

Lantas Bagaimana Memilih Emas Perhiasan untuk Investasi?

Sementara untuk tujuan kedua, yakni melirik kisaran harga emas perhiasan 23 karat demi tujuan investasi atau tabungan. Tentu pemilihannya memiliki standar yang berbeda, dan idealnya dengan beberapa pertimbangan sebagai berikut:

  • Memperkirakan soal budget,

Desain yang cantik ataupun tidak bukanlah patokan ketika membeli emas perhiasan untuk tujuan investasi. Supaya seorang ibu rumah tangga punya tabungan yang bisa diandalkan kapan saja maka baiknya punya emas yang mudah dibeli. Sehingga standar pertama yang dipakai adalah kondisi budget, kalau budget tipis pilih cincin 1-2 gram tanpa mata sehingga bisa dibeli saat itu juga.

  • Lebih memilih perhiasan emas utuh,

Sebagai sarana investasi tentu akan lebih aman apabila memilih perhiasan yang terbuat dari emas utuh tanpa hiasan bebatuan. Adanya hiasan bebatuan aneka warna dan nampak berkilau memang membuat perhiasan ini nampak semakin cantik dan elegan. Namun jika salah satu bebatuan ini ada yang hilang, dijamin harga jualnya merosot tajam. Maka lebih aman jika hanya berisi emas murni tanpa hiasan supaya kalau dijual hanya rugi 10% sesuai ketentuan transaksi perhiasan selama ini.

  • Model sederhana asal bisa dibeli rutin,

Kalau tujuan utamanya belanja emas perhiasan dalah untuk investasi atau tabungan, maka ibu-ibu akan mengabaikan soal model. Sebab lebih mengutamakan mampu membeli emas perhiasan ini secara rutin. Entah hanya sekedar cincin seberat 1 gram, atau gelang tipis dengan berat sekitar 3 gram. Desain minimalis tidak menjadi soal, asalkan setiap uang yang terkumpul mampu berubah wujud menjadi emas perhiasan agar tidak mudah dibelanjakan.

  • Memperhatikan betul kualitas emas yang dipilih,

Punya tujuan menjadikan emas perhiasan sebagai sarana berinvestasi maka usahakan memperhatikan kualitas emas tersebut. Tidak lagi mempedulikan soal desain perhiasan apakah nampak cantik atau tidak, melainkan menimbang harga jual ketika nanti berencana diuangkan. Ada baiknya memilih emas 24 karat, apabila sulit didapatkan Anda bisa memilih emas 23 karat. Soal harga emas perhiasan 23 karat dengan 24 karat memang terpaut tipis, setidaknya harga jualnya tidak terlalu anjlok ketimbang 18 karat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *