Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas Batangan dan Manfaatnya

Melihat harga emas batangan yang terus meroket membuat siapa saja wajib memikirkan mulai membelinya sejak muda. Banyak orang memilih hidup bahagia tanpa beban ketika masih muda dengan maksud menikmati masa muda. Namun jangan lama-lama sebab dikhawatirkan malah menjadi watak dan di hari tua malah menderita. Tidak mau ‘kan? Maka, manfaatkan masa muda untuk bekerja keras dan berinvestasi supaya di masa mendatang dan sudah pensiun tetap hidup enak.

Manfaat Investasi Emas Batangan Sejak Muda

Memiliki hidup yang enak tentu harapan semua orang namun jangan fokus mendapatkannya ketika di usia muda. Sebab di usia produktif justru dijadikan momen untuk meminimalkan kegiatan bersenang-senang dan maksimalkan kerja keras. Hiduplah secara efisien dan jauhi sifat boros supaya bisa berinvestasi, instrumen investasi ada banyak dan kali ini banyak orang melirik emas batangan dan kepingan. Mencoba membeli emas batangan sejak muda dan disimpan ternyata membawa berjuta manfaat.

Sejak muda sudah mulai membeli emas batangan, misalkan per bulan atau per dua bulan 1 gram emas maka per tahun tinggal dikalikan saja jumlah gramnya. Semakin muda dimulai semakin banyak kepingan emas terkumpul dan nilainya akan terus bertambah seiring naiknya harga emas. Supaya lebih menguntungkan pilih emas 24 karat dan dijual ketika harga emas naik dan Anda memperoleh keuntungan tinggi. Manfaatnya pun berlimpah dan beberapa diantaranya adalah:

  • Sumber dana darurat di masa yang akan datang,

Di usia muda Anda sudah terpikirkan mengenai harga emas batangan kemudian membelinya saat gajian. Ketika dilakukan secara rutin maka emas tersebut bisa disimpan untuk waktu yang lama dan justru meningkatkan nilainya. Nantinya emas batangan ini bisa dijadikan sumber dana darurat entah untuk kebutuhan diri sendiri, keluarga, atau sahabat dekat. Sebab emas batangan bisa dijual kapan saja dan nilainya tidak turun seperti perhiasan emas melainkan naik sejalan harga emas setiap tahunya.

  • Beban investasi terasa lebih ringan,

Ketika masih muda, katakanlah usai lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan maka gaji akan dipakai memenuhi kebutuhan pribadi. Sebagian kecil diberikan kepada orangtua sebagai tanda bakti seorang anak dan kasih sayang. Sebagian lainnya digunakan untuk berinvestasi, termasuk membeli emas batangan tadi. Beban ketika status masih single tentu tidaklah berat sehingga berinvestasi emas batangan terasa ringan. Anda bahkan bisa membeli emas batangan per bulan jika menerima gaji yang lumayan.

  • Bisa mengumpulkan emas dalam jumlah banyak,

Kalau memikirkan investasi emas ketika menginjak usia 30-40 tahun, kira-kira di usia pensiun sudah bisa mengumpulkan berapa batang emas? Bandingkan dengan mereka yang sudah mengumpulkan emas batangan sejak muda tentu jumlahnya lebih banyak. Emas batangan ini bisa dijual dan dananya dipakai untuk aneka keperluan, katakan untuk membeli rumah, apartemen, biaya pernikahan, dan sebagainya. Sehingga semakin banyak batangan emas terkumpul semakin banyak kebutuhan bisa terpenuhi termasuk membangun bisnis sendiri.

  • Memastikan masa depan lebih cerah,

Berinvestasi jika memang menguntungkan maka bisa memberikan masa depan yang cerah, dan emas bisa memastikannya. Harga emas yang tidak pernah turun membuat investasi emas dijamin menguntungkan asalkan teliti dan paham cara memilihnya. Anda bisa memastikan masa depan lebih cerah dan menikmati hari tua dengan kualitas maksimal. Tentukan keputusan dari sekarang supaya memiliki lebih banyak waktu untuk membeli harga emas batangan, sehingga bisa terkumpul lebih banyak demi hari tua yang lebih baik.

Faktor yang Mempengaruhi Kisaran Harga Emas Batangan

Melihat harga emas batangan yang terus meroket membuat siapa saja wajib memikirkan mulai membelinya sejak muda. Banyak orang memilih
Banyak Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas Batangan

Banyak orang kini mulai memikirkan investasi apa yang bisa dilakukan untuk menyimpan dan menambah tabungan. Salah satu pilihan yang banyak muncul adalah dengan melakukan investasi emas batangan. Emas dianggap logam mulia yang memiliki nilai investasi karena bisa digunakan sebagai perhiasan yang nilainya terus naik dari waktu ke waktu. Namun meski begitu bukan berarti harga emas tidak bisa turun karena banyak faktor juga yang mempengaruhi harga emas batangan yang banyak dijadikan investasi.

Faktor kestabilan ekonomi dan kondisi suatu negara dimana emas tersebut berada sangat mempengaruhi harga emas. Karenanya bagi Anda yang hendak berbisnis emas sebagai investasi harus mengetahui kondisi sekitar paling tidak saat akan membeli dan menjual emas. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kondisi harga emas sehingga dapat Anda jadikan perhatian sebelum melakukan transaksi.

  • Nilai tukar mata uang.

Nilai tukar mata uang sangat berpengaruh untuk melakukan bisnis apapun termasuk emas. Nilai tukar rupiah khususnya terhadap dolar yang baik akan menyebabkan harga emas dalam negeri meningkat. Namun sebaliknya nilai tukar rupiah yang anjlok bisa menyebabkan harga emas ikut anjlok yang bisa Anda jadikan moment tepat untuk membeli emas sebagai investasi.

  • Terjadinya krisis pada satu negara atau global.

Saat terjadi krisis di suatu negara, banyak orang akan membeli emas yang mengakibatkan harga emas batangan naik. Emas dianggap bisa menyelamatkan karena bisa dijual lagi nanti di waktu krisis mencapai waktu yang lebih lama. Jika Anda memiliki emas pada saat ini adalah saat yang tepat untuk menjual sebagian kecil emas Anda.

  • Inflasi mata uang.

Inflasi mata uang juga mempengaruhi harga emas batangan. Jika nilai mata uang turun di masyarakat maka banyak investor akan membeli emas sebagai ganti dan sebagai tabungan yang lebih stabil.

  • Permintaan untuk perhiasan dan industri.

Emas selain dijual dalam bentuk batangan juga dalam bentuk perhiasan. Semakin besar kebutuhan akan perhiasan emas maka semakin tinggi harga emas mengingat banyaknya permintaan.

  • Jumlah tambang emas.

Emas merupakan bahan tambang yang akan habis nantinya. Semakin sedikit jumlah tambang emas di dunia akan mengakibatkan jumlah emas menjadi langka dan semakin mahal. Kabar ditutupnya suatu tambang emas bisa membuat harga emas batangan melambung tinggi.

  • Permintaan pasar.

Permintaan pasar akan emas juga menjadi dasar naiknya harga emas. Seperti pada moment menjelang hari raya dimana orang berlomba-lomba menggunakan perhiasan baru itu juga mempengaruhi nilai beli emas menjadi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Jika Anda ingin berinvestasi dalam dunia emas, maka memang tidak perlu memiliki ilmu khusus seperti ketika bermain saham di bursa saham. Namun Anda juga harus mau melihat ke dunia luar terutama di beberapa faktor yang bisa mempengaruhi harga emas seperti di atas. Dengan begitu Anda akan bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual emas sehingga mendapatkan keuntungan.

Kisaran harga emas batangan saat ini adalah Rp. 520 ribuan per gramnya sehingga bagi Anda yang memiliki tabungan cukup bisa menggunakannya untuk membeli emas batangan yang memiliki nilai jual lebih stabil. Sedangkan untuk emas perhiasan maka harganya berbeda-beda sesuai dengan kadar yang dimiliki dan bentuk perhiasannya. Nilai emas putih dan emas kuning juga mengalami perbedaan sehingga bisa dijadikan perhatian khusus ketika ingin berinvestasi pada emas bentuk perhiasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *