Trik Belajar Internet Marketing Secara Otodidak

Belajar internet marketing adalah teknik pemasaran yang dilakukan dengan media online. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk internet marketing seperti dengan email marketing, web marketing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda atau perusahaan Anda. Namun, untuk menjadi orang yang ahli dalam bidang marketing maka Anda harus belajar cara pemasarannya terlebih dahulu.

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk bisa marketing secara online, yaitu:

  • Belajar secara otodidak atau belajar sendiri.
  • Belajar lewat seminar yang umumnya dilakukan dalam jangka waktu tertentu yaitu sekitar 2-5 jam. Namun, untuk belajar lewat seminar, maka Anda harus membayar terlebih dahulu.
  • Belajar secara langsung pada ahlinya.
  • Belajar dengan cara kursus secara online. Biasanya untuk cara ini juga diberikan e-book dan waktu belajarnya juga dapat disesuaikan dengan yang Anda inginkan atau berdasarkan kesepakatan.

Akan tetapi, karena internet marketing membutuhkan uang yang tidak sedikit, tidak heran jika banyak orang yang memilih untuk belajar secara otodidak atau belajar sendiri. Akan tetapi, terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan belajar internet marketing jika Anda belajar lewat cara ini, diantaranya yaitu:

Kelebihan:

  • Lebih murah karena Anda tidak perlu membayar ahli untuk mengajari Anda.
  • Waktu yang fleksibel.
  • Cara belajarnya dapat disesuaikan dengan yang Anda inginkan.
  • Sumber pengetahuan dan informasi yang tidak terbatas dan tidak terbatas.

Kekurangan:

  • Membutuhkan waktu yang cukup lama atau tergantung dari kemampuan seseorang untuk belajar.
  • Sering tidak mengetahui apakah langkah yang dilakukan tersebut tepat atau tidak dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi.
  • Bingung untuk menjawab pertanyaan yang muncul di pikiran Anda sendiri.

Trik Belajar Internet Marketing Secara Otodidak

Namun, terdapat beberapa trik untuk belajar internet marketing. Pertama adalah tentukan dan ketahui terlebih dahulu cara mana yang menurut Anda enak untuk diaplikasikan. Misalnya Anda lebih mudah untuk mencari tahu terlebih dahulu keseluruhan dan basic dari internet marketing dibandingkan dengan mencari informasi dan langsung mengaplikasikan dan mencari tahu bagian mana yang dimaksud dari informasi yang Anda peroleh sebelumnya tersebut. Untuk mencari tahu mana cara belajar yang lebih cocok dengan Anda, Anda dapat mencobanya satu per satu terlebih dahulu dan jika sudah cocok, misalnya lewat e-book internet marketing yang dipesan , Anda dapat mengaplikasikannya. Lakukan pembelajaran tersebut secara konstan dan teratur serta jangan pernah berhenti untuk mencoba.

Kedua adalah mulai dari produk Anda sendiri. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi karena kegagalan dari strategi dan teknik yang Anda aplikasikan. Tidak ada salahnya untuk mencoba meminta bantuan pada teman Anda untuk membantu hal yang kurang Anda mengerti. Jika terjadi masalah, terdapat beberapa sumber yang dapat Anda buka dan jadikan pedoman yaitu dari website orang yang sudah ahli di bidang internet marketing, dari website video mengenai internet marketing, ataupun dari forum.

Ketiga adalah jangan malu untuk bertanya. Terkadang, orang yang belajar otodidak malu untuk bertanya mengenai hal yang kurang dimengerti karena gengsi, malu ataupun karena merasa bisa untuk menyelesaikan masalah tersebut sendiri. Namun, karena belajar internet marketing sendiri atau secara otodidak membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan ketiga cara lainnya (seminar, kursus langsung dan kursus online) maka mau tidak mau Anda harus bertanya pada ahlinya misalnya lewat forum ataupun di website ahli internet marketing tersebut atau bertanya ke teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *