Dengan Internet, Bayar Pajak Motor Online Semakin Mudah

Bayar pajak motor online sekarang dapat berjalan dengan baik berkat kemudahan langkah-langkah yang harus ditempuh. Jaman dahulu setiap orang yang mempunyai kendaraan bermotor harus pergi ke Samsat dalam pengurusan pembayaran pajak motor. Belum lagi harus antri berjam-jam untuk melakukan prosesnya sampai pengurusan perpanjangan STNK selesai. Dengan adanya internet dari pihak pemerintah pun memanfaatkannya dengan baik dan memudahkan masyarakat banyak. tidak perlu lagi harus menyisihkan waktu untuk datang ke Samsat semuanya dapat dilakukan dirumah.

Untuk hal itu pemerintah juga terus meningkatkan pelayanannya dengan baik, karena belum semua provinsi di Indonesia dapat melakukan pembayaran pajak melalui online. Samsat online telah banyak memberikan kemudahan dalam pelayanannya, diantaranya yaitu:

  1. Motor dalam keadaan pengesahan STNK satu tahun.
  2. Motor yang tidak ganti STNK.
  3. Motor yang disertai BPKB atau STNK asli dari pemilik.
  4. Motor dalam keadaan yang tidak terlambat pajak lebih dari satu tahun lamanya.
  5. Kendaraan tidak dalam keadaan yang sedang rusak ataupun criminal.

Dengan begitu pihak Samsat akan lebih mudah melakukan pengecekan dan mengetahui data kendaraan yang secara rutin terupdate dengan jelas. Tetapi hal ini baru beberapa kabupaten yang tersedia diantaranya yaitu provinsi Jawa Timur, Madiun, Jawa Tengah, Pasuruan dan lainnya. Dengan begitu tidak lagi mengantri panjang dan memakan banyak waktu untuk pengurusannya. Hal ini sangat disambut baik oleh masyarakat yang memang sangat kesulitan mengatur waktu untuk mengurusnya. Biasanya ada juga yang sampai menggunakan jasa calo untuk menyelesaikan.

ilustrasi calo pajak kendaraan
Llustrasi Calo Pajak Kendaraan

Bayar pajak motor online tidak serta merta cuma melakukannya dirumah. Maksudnya seperti ini semua urusan data dapat dilakukan melalui online tetapi dalam hal penggantian STNK tetap harus ke Samsat. Misalnya begini ada orang semarang yang tinggal di solo, motor yang digunakan merupakan motor dari Jakarta. Dalam hal ini orang tersebut tidak harus datang ke Jakarta dan mengurusnya ke Samsat Jakarta. Melainkan bisa memprosesnya melalui online kemudian dalam penukaran STNK nya dapat ke Samsat yang terdekat.

Bayar Pajak Motor Online Memudahkan Anda!

Ini memang sangat membantu bagi masyarakat luas khususnya orang perantauan yang membawa motornya ke suatu daerah yang jauh dari tempat pembelian awal. Tidak harus menyisahkan banyak waktu dalam mengurusnya. Berikut ini penjelasan sedikit mengenai cara pembayaran pajak secara online:

  • Buka website atau situs Samsat.

Langkah pertama yaitu mencari tahu situs Samsat yang ada didaerah Anda tinggal, karena situs Samsat akan berbeda daerah satu dengan yang lain. Yang perlu diingat dalam hal ini yaitu pembayaran secara online tidak bisa dilakukan untuk antar provinsi. Jadi begini misalnya saja Anda tinggal di solo tetapi plat nomornya Bandung, dengan begitu Anda tidak bisa menggunakan jasa layanan online ini.

  • Isi data.

Jika situs yang Anda buka tersebut sudah masuk tentu aka nada perintah muncul untuk memasukkan data diri maupun data kendaraan yang akan dilakukan pajak. Pada tahap pengisian data ini harus diisi dengan teliti dan benar. Karena jika data yang Anda masukkan salah link tidak akan masuk ke halaman berikutnya. Tetapi setelah Anda yakin benar, barulah klik pada kolom selanjutnya untuk melakukan pembayaran. Hasilnya akan muncul sejumlah nilai yang harus dibayarkan untuk pajak.

  • Pembayaran

Setelah itu barulah melakukan pembayaran, setelah muncul struk pembayaran akan ditukarkan ke Samsat terdekat.

Sekilas mengenai cara mudah bayar pajak motor online yang tidak memakan banyak waktu dan tenaga untuk mengantri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *