Apa Itu Tabungan Emas Pegadaian dan Apa Saja Keuntungannya?

Emas adalah salah satu alat investasi yang menguntungkan. Investasi dengan emas bebas ribet, mudah dijual dan jika disimpan minimal tahun saja sudah dapat dinikmati keuntungannya. Beda dengan investasi lain seperti deposito misalnya, keuntungannya dapat dinikmati setelah berakhir jangka waktunya atau setelah jatuh tempo. Dan ternyata, tidak cuma uang yang bisa Anda tabung, emas pun sekarang juga sudah bisa disimpan dalam bentuk tabungan. Salah satu yang paling diminati adalah tabungan emas Pegadaian. Apa itu tabungan emas dan apa keuntungannya?

Tabungan emas merupakan suatu program tabungan yang dirilis oleh Pegadaian. Meski sama-sama tabungan, bukan berarti kita menyetor tabungan dalam bentuk emas, justru sebaliknya, sistemnya kita menabung untuk membeli emas. Program Pegadaian ini memang mentarget masyarakat kelas menengah ke bawah dengan alasan karena tidak semua orang bisa membeli emas secara kontan. Bayangkan saja, emas 14 karat saja sudah mencapai kurang lebih 300 ribu rupiah per gramnya. Sedangkan yang 20 karat sudah mencapai 430 ribuan. Angka ini terbilang cukup fantastis.

Dengan adanya tabungan emas dari Pegadaian ini, seorang nasabah bisa menyetorkan sejumlah dana kepada pihak Pegadaian untuk membeli emas sesuai dengan keinginan atau kebutuhan. Kendati demikian, selama proses menabung berlangsung, emas tersebut tetap dalam kuasa pihak Pegadaian sampai mencapai berat tertentu. Di Pegadaian, fisik emas harus mencapai berat minimal 5 gram sebelum dapat diambil. Jika Anda tertarik dan sudah mencapai usia minimal 1 tahun dan maksimal 55 tahun, Anda tinggal membawa fotokopi KTP lalu mengisi formulir pengajuan. Tidak ribet, bukan? Itupun Anda masih mendapat keuntungan lebih dari tabungan emas Pegadaian ini:

  • Anda dapat membeli emas meski dana terbatas, bahkan setoran tabungan emas di Pegadaian bisa hanya dengan 5 ribu rupiah saja (sesuai kurs emas). Tidak harus menunggu uang beratus-ratus ribu.
  • Emas yang kita tabung atau sedang kita cicil setelah jangka waktu tertentu dapat dijaminkan pada pihak Pegadaian.
  • Menyimpan emas dalam bentuk perhiasan maupun batangan di rumah tentu sangat beresiko. Meski Anda tidak memegang emas tersebut selama menabung, paling tidak emas tersebut terjamin aman dari pihak pembiayaan.
  • Emas yang ditabung/dicicil bersertifikat PT. Antam ataupun Pegadaian sehingga dapat diterima dimana saja.

Saat ini sudah banyak lembaga leasing yang menawarkan kredit kepemilikan emas, jadi jangan sampai salah pilih lembaga pembiayaan untuk berinvestasi. Jangan sampai bukannya untung, tetapi malah buntung. Itulah sebabnya mengapa sangat dianjurkan untuk Anda memilih lembaga perbankan atau lembaga pembiayaan yang sudah dijamin pemerintah (milik BUMN). Cara kerja tabungan emas di Pegadaian ini juga cukup mudah, bahkan Anda sebagai ibu rumah tangga pun bisa mengikutinya. Pertama-tama tentu Anda harus membuka rekening terlebih dahulu dengan biaya admin sebesar 30 ribu plus biaya titip emas sejumlah sama untuk satu tahun.

Tabungan Emas Pegadaian Solusi Mudah Investasi Emas

Setoran minimal tabungan emas Pegadaian menyesuaikan kurs emas seberat 0.01 gram, jadi jika kurs emas pada hari tersebut senilai 5 ribu rupiah maka jumlah itulah setoran minimal nya. Jangka waktu tabungan emas ini juga tidak terikat, Anda bisa menabung secara harian, mingguan bahkan bulanan. Sesuai dengan peraturan, Anda hanya dapat mengambil tabungan Anda saat saldo sudah mencapai nominal yang setara dengan emas 1 gram dan dapat dijaminkan pada pihak Pegadaian. Jika sekiranya Anda ingin memiliki emas dalam bentuk fisik, Pegadaian dapat mencetak nya untuk Anda dalam berat 5, 10, 5, 50 sampai 100 gram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *